6.5.10

Penemuan Kepala Rusa, Jesus, dan Polpot di Yogyakarta



Jogya Nasional Museum, Jum’at, 30 April 2010, Aku datang ke tempat itu, mataku tertuju di sebuah layang-layang putih tertempel di hitam, aku berdebar melihat kepala rusa melingkar dengan kepala jesus, ah ada apa ini? Apakah aku jatuh cinta dengan rusa ? atau jesus?
Di seberang entah terdengar suara-suara lelaki membuka acara ini, kepala-kepala berhamburan ,di sudut itu didepan layang-layang putih, aku duduk bersama teman , tidak ada jarak tubuhku dengan sang penampil di depan.
Aku melihat senyum itu, duduk dibalik tuts tuts abjad, oh dia frau membuka ruang malam itu , cerita dimulai , membuka lembaran demi lembaran catatan harian gadis manis, Seorang sahabat datang, nadia hatta bermain tenang dengan frau, berdua bermain dengan asyiknya.

Malam yang lapar, kucing dan tikus bermain dengan riangnya, Frau dan wok the rock menyanyikan rat and cat, entah kenapa aku suka sekali melihat mimik mereka berdua. Malam yang padat, tubuhku pun susah untuk bergerak, rupanya banyak yang datang untuk merayakan pesta disini, kepala-kepala berhamburan. Aku sepertinya kenal dengan wajah lelaki itu, ya dia Ugoran Prasad datang mengajak terbang, bercinta dengan Frau terbang ke luar angkasa. Ah, kenapa aku jadi semakin berdebar, sesekali aku mencuri pandang kepala rusa yang melingkar dengan kepala jesus di layang-layang itu, apakah aku jatuh cinta dengan jesus ? atau rusa? Aku limbung.
Menjadi gelap, suara-suara sepatu masuk ke depan, oh apakah aku benar-benar disini ? Wajah wajah bertutup cadar bergambar peri tanpa kepala, energi itu meluap, pekat, gemuruh udara masuk telinga, Aku seperti bergerak cepat, mataku acak berhamburan dalam layang-layang depan, ah kepala-kepala itu, Aku tertegun lama. Para dissidents dentang meluap , pikirku bergerak acak, melihat kepala polpot, jesus, rusa, polpot, jesus, rusa dalam gelap. Perempuan itu membukapesta dengan polpot, energi menguap.Hingga warna merah kedua dia lantunkan dalam red-red cabaret. Oh Aku seperti masuk gelombang, melingkar, memasuki dunia cerita para dissidents, hingga demam dalam fever fairytale.
Pesta itu dimulai , Tika and the dissidents bergerak dalam waktu, entah luap kegembiraanku ketika mendapatkan hadiah kecrekan, aku bisa memainkannya sesuka hatiku. 20 hours mengalun , delirium riuh mengamati mimik Tika & the dissidents yang membuat tubuhku merinding. Obrolan-obrolan kecil yang menghangatkan suasana dari Tika, tatapan mata-mata kepala dari layang-layang, membuat aku asyik dalam pikiran. Aku merasakan tentang petang, hubungan tanpa batas dalam clausmophobia dan aroma-aroma yang membuat aku lelap dalam gendjer-gendjer, ketika mendengarkan lagu ini mataku pejam, perut bergetar.

Oi dirty bastard, aku benar-benar merinding mendengar lagu ini dinyanyikan oleh Tika& dissidents dan Anda. Ya, cukup dalam hati saja, aku merasakan energi kepala-kepala yang membuat tubuhku bergetar dalam hati saja. Lalu aku resap dalam biru syahdu.Energi venus envy datang, Aku menatap ke layar, layang-layang putih, dan kepala rusa dan jesus yang menarik perhatian. Mataku menatap layang-layang semakin tajam, seperi aku semakin dekat dengan harum kepala rusa, kepala jesus. Oh entah apa ini.Kemudian beberapa dissidents masuk , menyerukan oi oi oi bersama dalam mayday, merayakan hari buruh diruang ini, bersatu . Sungguh lekat. Gerakan gerakan itu waktu, aku terhimpit, berdiri merayakan hari bersama Tika & the dissidents. Aku bergetar bertemu kepala rusa dekat kepala jesus bersatu dalam layang-layang. Aku mengucapkan salam sabbe satta bhavantu sukhitatta , keluar ruangan.
Aku bertemu kepala rusa, jesus, dan Polpot . Bagaimana dengan kamu?


Terima kasih yang besar untuk Kongsi jahat syndicate, Frau, Tika & the dissidents (mbak tika, mas susan, mas iman fattah, iga, mutia, mian tiara, inu, iwan, jonathan), Alfonsus Lisnanto, teman-teman sora.
Photographed by Alfonsus Lisnanto gathi

4 comments:

ex a.k.a ecal said...

aku ga ketemu kepala rusa dan jesus. aku lagi koprol2 skrg. mungkin setelah itu bisa liat kepala rusa dan jesus. :D

salam kenal. aku suka gaya bahasamu.

-x-

Tria nin said...

terima kasih mas ecal, wow sepertinya koprolnya syahdu sekali, salam hangat :)

Natalie said...

looks like an awesome show! wish i could see them perform! :)

natalieoffduty.blogspot.com

Tria nin said...

hi natalie, This is a good music concert I have ever seen, you can see from the website TIKA and the dissidents http://www.suaratika.com/