24.3.10

The Sweetest Thing of Camera Obscura @ LA Massive Oddsville , Yogyakarta 2010


21 Maret 2010, Minggu itu, di JEC.

Sebelum acara dimulai, bertemu dengan beberapa teman dan berbincang di depan JEC, tidak terlalu padat memang, Setelah menemani lelaki kesini kesitu, kami memutuskan untuk masuk ke dalam gedung JEC. Acara belum dimulai, Panggung gelap dan ada beberapa iklan diplay di video dekat panggung. Beberapa menit kemudian MC masuk, tapi entah saya tidak mendengar mereka berbincang apa, karena suara terlalu keras, saya memutuskan menjauh dari stage, acara dibuka, lelaki mendekat ke stage, karena dia ingin mengambil beberapa gambar, kami berpisah sementara, tapi tidak masalah bagi saya.

Penonton mulai mendekat, saya memutuskan ke belakang , dekat dengan kontrol suara, posisi saya berdiam membuat saya nyaman, karena tidak terlau padat dan cukup asyik untuk menikmati pertunjukan.

Tepuk tangan riuh, shaggy dog membuka acara dengan lagu yang membuat riang, para doggies pun berdansa.Entah ya, karena saya tidak mengerti tentang sound atau apa, tetapi saya merasakan suara malam itu begitu keras, saya menyeimbangkan telinga dengan gerakan tangan menekan daun telinga kedalam, saya pun masih mendengar lagu-lagu shaggy dog, seimbang dan asyik dengan beberapa trik yang saya lakukan. Shaggy dog menyanyikan beberapa lagu dari album bersinar dan campuran beberapa lagu lama. Performance mereka pun seru hingga membuat kaum expatriat di depan saya berdansa tak kalah serunya.

MC masuk lagi, menyapa penonton, tapi lagi-lagi saya merasakan suara kedua MCtersebut tidak seimbang, saya memutuskan mundur lagi, dan sampailah mereka mengajak penonton untuk berteriak : CAMERA OBSCURA.

Panggung gelap, musik dari sponsor pun diplay, dag dig dug, deg-deg-degan menunggu camera obscura bermain di stage. Ah menunggu mereka beraksi terasa lama sekali, musik sponsor diplay lagi, menambah dag dig dug saja.

Riuh, tepuk tangan mengalir terjadi begitu saja, beberapa personel masuk ke stage. Camera obscura membuka set dengan lagu Come back Margaret yang langsung disambut meriah penonton. Come back Margaret he wants to adore you, Come back Margaret I’d like to explore you”, Tracyanne beberapa kali memberi isyarat entah ke siapa, seperti ada masalah dengan gitarnya. Saya pun mendengarnya belum begitu enak di telinga, saya menengok ke belakang , sound engineer camera obscura seperti sedang bermasalah juga, tetapi secara detailnya saya tidak tahu masalah apa, sound engineer sempat membenarkan beberapa kabel di dekatnya.

Tracyanne menyapa penonton, dan mengganti gitarnya , lagu kedua “tears for affairs” ,kemudian “teenager” dan “french navy”. Di lagu “french navy” yang menghentak dan menggoda, tanpa tersadar saya pun ikut sing a long.
Disusul lagu energik “Honey in the sun”, musik ceria ala skotlandia yang tak kuasa membuat kaki saya bergerak sendiri, menikmati. Dan “James” pun juga dinyanyikan, lagu ini masuk di album My maudlin career.

Walaupun JEC tidak penuh, tetapi penonton yang datang di JEC malam itu sungguh asyik bernyanyi bersama menyanyikan lagu-lagu Camera obscura. Camera obsura pun cukup cantik membawakan beberapa lagu lama seperti Lloyd, I'm Ready to Be Heartbroken, if looks could kill, let’s get out of this country.

Setelah lagu Let’s get out of this country, Tracyanne bilang kalo camera obscura akan membawakan lagu terakhir, dan penonton pun terlihat sedih dan terdengar seperti menggerutu pelan. Malam itu terasa begitu cepat, mereka pun menutup pertunjukkan malam itu dengan lagu razzle dazzle rose. Ucapan terima kasih, Lambaian tangan dan anggukan dari personel camera obscura menjadi sapaan terakhir bagi penggemar camera obscura.

Lalu yang terjadi kemudian adalah penggemar camera obscura keluar dari JEC, dan tidak sabar untuk mengikuti meet n’ greet di depan JEC. Mereka pun mengantri, ada yang sudah membawa CD, T-shirt, bag yang siap ditandatangani. Dengan senyuman lelaki menghampiri saya dan memberikan set list camera obscura yang dia dapat di stage. Saya berada di antrian terakhir, tapi sangat mengesankan. Setelah antrian bubar, bang felix dass memberi kode saya untuk masuk ke dekat ruang istirahat camera obscura. OH YES , akhirnya saya berhasil merekam greeting (u/ soloradio) dari gavin dan kenny camera obscura . Pulang dengan bibir mengembang, rasanya senang .


Terima kasih yang besar untuk mas dimas vox yang baik, mbak sita, kak auf & wandan, mas marselinus & ayu, dito’DAB”,arkham, mbak eka, bang felix dass, satria ramadhan and my “lelaki”.

1 comment:

tama_chan said...

hahaha, sip!
saya menunggu gig's review lainnya ;)

(sudah kangen saya dg 'hand made' review kayak gini)