16.11.07

YOGA


Menikmati selasa sore bersama teman-teman, Selama satu bulan ini saya sudah jarang Yoga bersama teman-teman, paling-paling melakukan Suryanamaskar dan meditasi sebentar di pagi hari sebelum bekerja..Waahh, selasa sore itu saya bertemu dengan Niken dan mas iyo. Sambil menikmati minum air putih dan mendengarkan gemericik suara hujan, akhirnya kami bertiga sepakat untuk Yoga. Sejak 5 tahun yang lalu, saya mulai rutin Yoga. Dengan Yoga ini, saya bisa merasakan relaksasi tubuh dan pikiran yang mendalam. Ya, Yoga adalah sistem kesehatan holistic yang terbentuk dari kebudayaan kuno sejak 3000 SM yang lalu. Yoga ato Yuj, dalam bahasa sanskerta kuno, berarti “penyatuan”. Penyatuan antara atman (diri) dan Brahman (Yang Maha Kuasa) . Melalui Yoga, setiap individu akan lebih mengenal tubuhnya, mengenal pikirannya, dan mengenal jiwanya. Semakin ia mengenal seluruh aspek dirinya itulah, maka semakin dekat pula ia dengan sang penciptanya. Diibaratkan, tubuh adalah sebuah kendaraan dan pikiran sebagai pengemudinya. Saat “mengemudikan” tubuh, pikiran terpengaruh oleh tiga hal, yakni emosi, akal dan aksi. Agar tubuh dapat beroperasi dengan baik, ketiga hal yang mempengaruhi pikiran ini harus dijaga agar selalu dalam keadaan yang seimbang. Para Yogi masa lampau memahami ketertarikan antara tubuh dan pikiran ini dan akhirnya membuat YOGA , yang merupakan kombinasi unik antara gerakan yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan fisik, cara bernapas dan meditasi yang bisa memberikan ketenangan pikiran.
Selasa sore itu, kami bertiga benar-benar menikmati Yoga, mencium bau hujan, mendengar gemericik hujan, melakukan Suryanamaskar, dan mengamati diri , lingkungan dalam meditasi. Ini adalah bagian yang sangat saya senangi. Terima kasih untuk teman-teman saya yang menemani yoga di selasa sore penuh keheningan. Terima kasih , tetap Syalala Syubidubidu yah.Salam senang penuh cita.

No comments: