18.12.07

Kerinduan Kue Putu


Terima kasih untuk ajiez  yang telah menyapa kenangan lama saya, kerinduan kue putu itu terobati di selasa sore tertanggal 27 november 2007. Setelah hujan disertai angin puting beliung menerpa kota solo, ajiez datang dengan senyuman membawakan sebungkus kue putu.Kue putu terbuat dari beras yang dihaluskan dan didalamnya diberi sedikit gula.Aromanya sangat lezat. Sore itu saya menikmati kue putu dengan ajiez dan kak lilin. Tetapi tahu tak? sebenernya saya juga merindukan bunyi ngiiiing dari lobang pengukus kue putu. Ya.. saya berharap bisa mendengar ngiiiiingg itu lagi dan menjumpai penjual kue putu.

Ini kejutannya, kemarin soretertanggal 17 Desember 2007, tepat 10 hari setelah ajiez membawakan kue putu , ketika saya, mami, dan kak lilin, koh asan sedang berbincang-bincang, saya mendengar suara ngiiiiiing itu kembali. Senang sekali, saya kemudian menghampiri penjual kue putu itu, saya memesan 9 kue putu tepat 10 hari setelah ajiez memberikan kue putu di sore suka suka setelah hujan puting beliung. Saya sempat berbincang bincang dengan bapak penjual kue putu itu, bapak itu bernama Bapak Karyadi.

Bapak karyadi asli wonogiri sudah 20 tahun menjadi penjual kue putu. Setiap harinya dia berjalan kaki dari rumahnya sekarang di Mojosongo solo. Padahal jarak antara mojosongo dan tempat saya sekarang di manahan sekitar 3 km. WOW..menawan sekali. Bapak karyadi sempat bilang ke saya, dia tidak suka menaiki sepeda, Bapak karyadi yang sederhana itu lebih suka berjalan kaki sekalian olahraga biar sehat. Dengan ceria dan bersemangat , akhirnya bapak karyadi memberikan 9 kue putu pesanan saya. Terima kasih bapak Karyadi. Kerinduan saya sudah terobati. Senin sore setelah hujan, saya, kak lilin, dan mami menikmati kue putu dan teh hangat yang sangat mengagumkan. Terima kasih Tuhan telah mengijinkan saya untuk menikmati senin sore yang membahagiakan :)

14.12.07

Perempuan Itu.


Perempuan itu tahu masalah yang dihadapinya. Dia tidak ingin meminta bantuan, tetapi yang pasti dia sangat menghargai bantuan tersebut dalam situasi yang sangat menyedihkan, sekaligus memalukan.

“Hati anda luka. Jadi karena itulah anda benar-benar sangat sedih. Ini luka, Anda bisa mengamatinya, menyadari gerak gerik “si aku” sampai yang halus-halus, maka pada suatu titik “si aku” ini akan berhenti, diam dengan sendirinya. BUKAN SENGAJA DIBUAT DIAM. Jadi anda akan segera merasa lebih baik”

Saya diberi hadiah kehidupan sehingga saya bisa belajar hidup dengan penuh cinta di sini, saat ini.

23.11.07

Dihari Ketiga Ia Menyerah


Kau bintang menerangi hati
Tiada rasa, tiada ingin pergi

Kau tak melawan
Kau tak melawan

Dengan terang halangi debu matahari
Dan kau bintang sembunyikan gelap
Menahan sakit di telinga

Kau tak melawan
Kau tak melawan

Kau bintang menemukan gelap
Gelap terangmu ditelinga
Dengan terang halangi debu matahari

Kau tak melawan
Tetap tak melawan

Semua orang pasti punya alasan untuk semuanya.
Tapi kadang, ada yang memilih diam karena situasi.

*Terima kasih untuk Rendy Asra :)

18.11.07

Perempuan


Saya datang sebagai perempuan. Saya yakin mempunyai kekuatan sebagai perempuan. 

16.11.07

Girls in Green Shoes


Girls in Green Shoes , Kalau dalam bahasa Indonesia berarti Gadis yang memakai sepatu hijau, tetapi saya adalah gadis yang sering memakai sepatu putih dan mempunyai koleksi sepatu hijau yang sekarang jarang dpakai karena kekecilan. Ya Hijau, salah satu warna yang saya sukai, Hijau jadi teringat daun-daun hijau di depan rumah saya, teringat tas saya yang berwarna hijau, buku harian bersampul hijau, vest hijau, bookstore & greenhouse, tumbuhan hijau, rumput-rumput hijau, revolusi Hijau, pohon-pohon hijau, hutan-hutan hijau, saya menyukainya :)

* Terima kasih untuk paman ajie yang memberikan T-Shirt Girls in Green Shoes di hari Rabu sore , 31 Oktober 2007.

kue oso, mie pelangi dan onigiri


Perbincangan ketika hujan deras antara nona tria dan paman ajie “seorang paman penyuka bakwan jagung”..kita membicarakan tentang kue oso. Kue oso ini adalah kue dari negeri hujan, kue dari air tetes hujan (ide dari dari nona lya, terima kasih nona lya ), mie pelangi dan onigiri

(10/29/2007 5:53:04 PM) s/d (10/29/2007 6:14:35 PM):

Paman Ajie : aku ingin mendengar kabar owa,gogo dan rao
Paman Ajie : bgmn dgn owa?
Paman Ajie : apakah owa knal dgn rin? seorang peri hujan?
Paman Ajie : dan windy seorang peri angin?
BUZZ!!!
Nona tria : tahu tidak ??
Nona tria : owa datang dari negeri hujan
Paman Ajie : yapz
Paman Ajie : yuka
Nona tria : dia membawakan makanan khas dari negeri hujan
Paman Ajie : Apakah itu?
Nona tria : yaitu semacam mie pelangi ditambah jamur merah dari negeri awan merah
Paman Ajie : :)
Nona tria : dan kue oso dari negeri hujan
Nona tria : khasiat dari makan kue oso ini yaitu
Nona tria : bisa tahan lapar selama 2 hari
Paman Ajie : Oh benarkah
Paman Ajie : Benarkah?
Nona tria : iyaaa
Nona tria : benarbenar
Nona tria : oh rin ?
Nona tria : seorang peri hujan ?
Nona tria : dia adalah tetangganya owa di negeri hujan
Nona tria : khan owa, rao , koli sering bermain-main di taman kol
Paman Ajie : oh
Nona tria : yuka yuka
Nona tria : kalo windy
Nona tria : seorang peri angin
Nona tria : dia yang langsing itu khan
Nona tria : windy dia bisa jalan secepat kilat
Nona tria : waaaaaaaaaa
Paman Ajie : hehehehe
Paman Ajie : peri hujan kirimi ak onigiri...
Paman Ajie : wakakakaka
Paman Ajie : rin br aja smpe tmptku
Nona tria : waaaaaaa
Nona tria : onigiri ??
Nona tria : semacam apakah itu ?
Paman Ajie : nasi kepal
Nona tria : berwarna apakah ??
Paman Ajie : dia baw ajauh-jauh dr jepang
Paman Ajie : wakakakakakakaka
Paman Ajie : windy sekarang agak gemuk. soalnya maem onigiri pemberian rin
Nona tria : wa
Nona tria : saya mau
Nona tria : bagaimana kalo kita barter ?
Nona tria : owa dan rao dan gogo
Nona tria : mempunyai kue oso
Nona tria : dan mie pelangi
Nona tria : onigiri..nasi kepal berwarna apkah??
Paman Ajie : onigiri berwarna putih,diatasnya ada jamur hitam dr negeri smurf... wakakakakaka
Nona tria : waaaaaaaaaaa...mau mau
Nona tria : kirimkan sekarang..
Nona tria : setelah hujan ini
Nona tria : gogo dan rao akan datang menaiki awan merah secepat kilat ke rumahmu
Nona tria : dia akan membawa kue oso dan mie pelangi
Nona tria : tunggu yah paman ajie..
Paman Ajie : yuka nona tria
Nona tria : syalala
Nona tria : nanti rin dan windy akan kesini tak ??
Paman Ajie : Yuka rin dan owa msh ad satu speciez,windy tdk ikut karena hari akan smakin dingin
Nona tria : baiklah..baiklah ..
Nona tria : saya menunggunya..
Paman Ajie : :)

TOLOOONG !

Teman-teman inilah perbincangan antara saya dengan ajiez di sore hari ketika hujan, Saya bertemu dengan gogo. kemudian anaknnya kak odod, mom dan akhirnya kita bercerita tentang Pochie dan boki, ini mengalir begitu saja

(10/25/2007 3:13:43 PM) sd (10/25/2007 6:59:14 PM):

Nona tria : asyiik hujan
Nona tria : semoga setelah hujan
Nona tria : ada pelangi
Nona tria : supaya saya bisa bertemu dengan teman saya
Nona tria : teman saya bernama gogo
Nona tria : dari langit pelangi
Nona tria : bentuknya seperti wortel
Tuan Ajiz : semoga..
Nona tria : berwarna pelangi
Tuan Ajiz : today's the sun on us
Nona tria : warnanya cerah
Tuan Ajiz : sophie ellis bextor..
Tuan Ajiz : hihihi..
Nona tria : yuka yuka
Nona tria : syalala
Nona tria : mata gogo juga cerah
Tuan Ajiz : gogo dance yah..?/
Tuan Ajiz : wakiakakak..
Nona tria : tidakk
Nona tria : gogo sajah
Tuan Ajiz : gogo dance saja..
Tuan Ajiz : asiik..
Tuan Ajiz : hahaha..
Nona tria : syalalaa
Nona tria : tidak
Nona tria : gogo
Nona tria : go.go..power rangers
Nona tria : hkhkhkhkhk
Nona tria : ah gogo sajah
Nona tria : gogo bentuknya seperti wortel berwarna pelangi
Tuan Ajiz : kalo yang bentuknya kaya jogeng namanya apaan..??
Nona tria : mungkin namanya mumu
Nona tria : warnanya apa /?
Tuan Ajiz : warnya kuning kehijauan..
Nona tria : matanya bagaimana ?
Tuan Ajiz : matanya ndolo..
Tuan Ajiz : agak belo..
Nona tria : punya tangan tak ?
Tuan Ajiz : tanganya berwarna coklat..
Tuan Ajiz : soalnya dia habis mengolah coklat..
Nona tria : kalo kakinya berwarna pah ??
Tuan Ajiz : dia bekerja di ladang coklat..;
Nona tria : namanya siapa??
Nona tria : choco ??
Tuan Ajiz : kakinya juga coklat..
Tuan Ajiz : namanya coki..
Tuan Ajiz : h7uahahauahaha
Nona tria : kokokokokokokokokok
Nona tria : eh mau tak nelpon sonny pake ym ??
Nona tria : ayoo nelpon sonny by ym
Nona tria : sini sini
Nona tria : ini ada headphone
Tuan Ajiz : nanti dulu aja..
Tuan Ajiz : hbis siaran
Tuan Ajiz : jadi bebas..
Nona tria : lah
Nona tria : headphonenya cuman bisa dipake sampai jam 4 sajah
Nona tria : hi.hi
Tuan Ajiz : knapa2..??
Tuan Ajiz : kata sonny kamu usil..
Tuan Ajiz : huahahaha..
Nona tria : opo ho'o ??
Nona tria : masak sih??
Tuan Ajiz : hu uh..
Tuan Ajiz : 15:37] black_lotus_77: tu temenmu usil bgt [15:37] stu_pid_love_r: hahaha..
Nona tria : wakakakak
Nona tria : uh
Nona tria : sonnie emang sangat triple keren
Tuan Ajiz : hahahhaah..
Nona tria : yuka yuka
Nona tria : he
Nona tria : dirimu ngobrol sama sonnie apa?
Nona tria : kak odod punya anak
Nona tria : namanya momo
Nona tria : ini lagi digendong
Tuan Ajiz : momo apa meeme
Tuan Ajiz : hueheueheuehl..
Tuan Ajiz : dasar gila..
Tuan Ajiz : anaknya buto apa setan..?
Nona tria : momo
Nona tria : bentuknya persegi panjang
Nona tria : warnanya krem
Nona tria : semacam bantal berbentuk persegi panjang berwarna krem
Nona tria : dia bilang namanya momo
Tuan Ajiz : berwarna buthek apa krem..??
Tuan Ajiz : kayanya lebih ke buthek deh..
Tuan Ajiz : hehehe..
Nona tria : iyah
Nona tria : lebih ke buthek
Nona tria : tapi awalnya krem
Tuan Ajiz : hahahaha..
Nona tria : karena sering diilerin kak odod
Tuan Ajiz : turun bapaknya tuh..
Tuan Ajiz: haHAHAHA..
Nona tria : jadi buthek deh
Nona tria : ajiez
Nona tria : sonnie sepertinya marah sama saya
Tuan Ajiz : kasian sekali ya anakanya..
Nona tria : hue.hue.hue
Tuan Ajiz : korban iler./..
Tuan Ajiz : hihihihi..
Nona tria : wakakak
Nona tria : ajiez
Nona tria : saya minta pulsa satu yah
Nona tria : m3 kok
Tuan Ajiz : terima kasih lagunya
Nona tria : sama-sama
Nona tria : saya juga suka
Tuan Ajiz : selanjutnya siapa..??
Tuan Ajiz : 
Nona tria : kamu baru saja merusak imajinasi saya
Nona tria : dengan nenek saya
Nona tria : saya merindukannya
Nona tria : i dont know
Nona tria: tiba2 saya kangen
Tuan Ajiz : selamaty berimajinasi kembali..
Nona tria : entahlah...
Nona tria : maap yah..
Nona tria : maap yah..tadi
Nona tria : tapi ini bayangan nenek saya sudah menghilang
Nona tria : jadi saya tidak bisa melanjutkan kembali
Nona tria : kalo mau melanjutkan tentang smash ur ass
Nona tria : silahkan.....
Tuan Ajiz : hahaha..
Tuan Ajiz : tidak..
Tuan Ajiz : kalo bgtu anda mengirimkan doa untuk nenek annda saja..
Tuan Ajiz : syalala..
Nona tria : iyahh
Nona tria : sepertinya sudah lama saya tdk berdoa untyuk nenek
Nona tria : setiap hari saya berdoa untuk bp ibu adik dan teman2
Nona tria : baiklah2
Tuan Ajiz : iya..
Nona tria : baiklah
Nona tria : saya merindukan nenek sya
Tuan Ajiz : semoga nenek anda sedang tersenyum melihat anda..
Tuan Ajiz : dan mengirimkan pelanmgi..
Nona tria : tadi pas ndengerin tell me where it hurts
Nona tria : tiba2 bayangan nenek saya muncul
Nona tria : dan sya teringat masa kecil sya
Nona tria : tapi sebentar
Nona tria : trus buyar
Tuan Ajiz : 
Nona tria : yuka

Tuan Ajiz : pandanya menari,.,
Nona tria : ho.ho.ho
Nona tria : pandanya bermata hitam
Nona tria : pandamu rumahnya dimana ??
Tuan Ajiz : namanys siapa ya..??
Tuan Ajiz : hummss..
Tuan Ajiz : pan pan
Nona tria : namanya mochie
Tuan Ajiz : pan pan saja...
Tuan Ajiz : atau pochie..
Nona tria : pochie
Nona tria : ya pochiee
Nona tria : pochie sajah
Tuan Ajiz : iya..
Tuan Ajiz : si pochie menari..
Nona tria : waaaaaa
Nona tria : iyahhhh
Nona tria : si pochie menari
Nona tria : dia berasal dari sebuah tempat di bagian mana ya??
Tuan Ajiz : di hutan bambu..
Tuan Ajiz : sebelah timur desa pelangi..
Nona tria : di hutan bambu apa?
Nona tria : ya.ya
Tuan Ajiz : dimana ada sungai jernih mengalir deras..
Nona tria : di hutan bambu timur desa pelangi ..


Nona tria : disitulah pochie berada
Tuan Ajiz : iya..
Tuan Ajiz : tapi pochie merasa kesepian..
Nona tria : pochie mempunyai teman bernama boki
Tuan Ajiz : kamu ingin menemaninya tidak..?
Nona tria : boki si panda gendut
Tuan Ajiz : siapa itu boki..?
Tuan Ajiz : utusan kamu ya ..?
Nona tria : boki itu si panda gendut
Nona tria : dia salah satu teman saya
Tuan Ajiz : berarti pochie sudah tidak kesepian lagi sekarang..
Nona tria : saya mengenalnya ketika mengambil air di sungai pelangi
Nona tria : iyahhhhhhhhhh
Nona tria : boki dan pochie akan bermain-main
Nona tria : bermain betengan
Nona tria : mau tak ??
Tuan Ajiz : nggak bisa donk..
Tuan Ajiz: kan cuma ber 2..
Tuan Ajiz : maen petak umpet saja..
Nona tria : okayhhh
Nona tria : hompimpa
Nona tria : suit suit
Tuan Ajiz : si pochie bersembunyi di balik tirai bambu,..
Nona tria : ih suit dulu ajiezzzz
Tuan Ajiz : jangan kasi tau boki ya..
Tuan Ajiz : iya2..
Nona tria : boki sedang menutup mata
Tuan Ajiz : gunting kertas batuu..
Nona tria : yukz mulai
Tuan Ajiz : hummsss..
Nona tria : gunting
Tuan Ajiz : batu..
Tuan Ajiz : hihihih..
Nona tria : heh
Nona tria : breng dunk
Tuan Ajiz : pochie yang menang..
Nona tria : bareng dunk
Nona tria : suit lago
Nona tria : 1
Tuan Ajiz : 1
Nona tria : 2
Tuan Ajiz : 2
Nona tria : 3
Tuan Ajiz : 3
Nona tria : batu
Tuan Ajiz : kertas
Tuan Ajiz : hihihih..
Nona tria : huhaaaaaaaaaa
Nona tria : boki menang
Tuan Ajiz : pochie menang lagi..
Nona tria : jadihhhh
Nona tria : ehhhhhhh
Tuan Ajiz : heh..
Nona tria : batu sama kertas
Nona tria : menang batu kaliii
Tuan Ajiz : kertas ama batu menangh kertas kaleee..
Tuan Ajiz : ya elahh..
Nona tria : batu kaleeeee
Tuan Ajiz : batu tuh menang kalo ama gunting..
Nona tria : eh
Tuan Ajiz : pochie menang..!
Nona tria : huhuhuhuhu
Nona tria : yawda
Nona tria : boki yang baik ngalh deh
Tuan Ajiz : boki tutup mata donk..
Nona tria : yukz
Nona tria : satu
Nona tria : dua
Tuan Ajiz : hums2..
Nona tria : tiga
Nona tria : sudaaaaaahhh belummmmmm
Tuan Ajiz : sebentar..
Nona tria : sudaahhhh belummmmmmmm
Tuan Ajiz : sedang mencari tempat persembunyian..
Nona tria : woeyyyyyyyyy
Tuan Ajiz : kira2 dimana ya yang boki tidak tau..
Nona tria : kamu jangan tidur lo
Nona tria : di tirai bambu
Tuan Ajiz : hummss..
Nona tria : di balik tirai bambu
Tuan Ajiz : sepertinya di balik tirai bambu ada sebuah gua..
Nona tria : iyahhhh disitu ajah
Nona tria : BOKi berkata : sudaahhhh beluuuuuuumm ?????
Tuan Ajiz : kira2 ada apa ya di dalam gua itu..??

Nona tria : pochieeeeeeeeeeeeeeeeee
Tuan Ajiz : pochie tidak menjawab..
Nona tria : pochie akan bertemu teman lagi
Tuan Ajiz : seperti hilang di telan bumi..
Nona tria : pochie akan bertemu seekor tikus hutan
Tuan Ajiz : humss..2
Nona tria : namanya mimi
Tuan Ajiz : guanya gelap sekali ya..
Nona tria : mimi si tikus hutan pelangi
Tuan Ajiz : tiba2 si pochie menginjak sesuatu..
Nona tria : krak
Nona tria : apa ini ????
Tuan Ajiz : ciit ciit..
Tuan Ajiz : ternyata si mimi,,
Nona tria : hi..panda
Tuan Ajiz : hah..
Tuan Ajiz : suara apa itu..??
Nona tria : suara angin yang kencanng
Tuan Ajiz : humss..
Tuan Ajiz : aneh sekali ya..
Nona tria : jauh
Nona tria : disana terdengar
Nona tria : boki berteriaaakk
Nona tria : pochieeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee
Tuan Ajiz : ah..
Nona tria : pochieeeeeeeeeeeeeee
Tuan Ajiz : itu suara boki..
Tuan Ajiz : sepertinmya saya harus masuk lebih dalam lagi..
Nona tria : pochieeeeeeeeeeee
Nona tria : pochie
Tuan Ajiz : si pochie menulusuri gua yang gelap itu..
Nona tria : pochieeeeeeeeeee
Nona tria : ah syaa tahu
Tuan Ajiz : dan si mimi masih mengikutinya..
Nona tria : kamu di gua itu yah...
Nona tria : pochie pochie bundarr
Nona tria : ah saya akan mengejarmu
Tuan Ajiz : waduh suaranya makin keras saja..
Nona tria : kemudiaaaa
Nona tria : klotak klotakkkk
Nona tria : krakk kraaakkk
Nona tria : wewweweeeeeeeeeeeeee
Nona tria : hikzz..boki terpeleset
Nona tria : pochie..pochie..
Nona tria : tolong syaa
Tuan Ajiz : guanya runtuuuh..!!
Tuan Ajiz : pochie terperangkap di dalam gua..
Nona tria: toloooooooooooooooonggggggggggggggggggggggggg
Tuan Ajiz : kamu dimana bokie..???
Nona tria : pochieeeeeeeeeeee
Nona tria : saya terpeleset disini
Nona tria : dibalik batu besar
Nona tria : wah..
Nona tria : saya tidak bisa bergerak pochieeeeeeeee
Tuan Ajiz : tidak ada celah di sini boki..
Tuan Ajiz : sebentar..
Nona tria : adaaaaaaaaaa
Tuan Ajiz : saya cari alat dulu..
Tuan Ajiz : hums..
Nona tria : hikzzzz...hikz...............
Tuan Ajiz : mimi kira2 bisa membantu tidak ya..??
Nona tria : pochieee..kaki saya berdarah
Nona tria : saya tidak bisa bergerakkkkkk
Nona tria : pochieeee..hikzz..krakkk
Tuan Ajiz : aduh kasihan sekali kamu boki..
Nona tria : auuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu
Tuan Ajiz : sabar ya nak..
Nona tria : sakit..sakit..sakitt........
Nona tria : hikz..pochie...tolooonggggg..panda nan keren sekali
Nona tria : help me
Nona tria : help me
Nona tria : pochieeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee
Nona tria : dirimu mendengar sya tidak?????//
Tuan Ajiz : ah saya menemukan sebatang kayu..
Tuan Ajiz : semoga ini bisa berguna..
Tuan Ajiz : pochie berusaha sekuat tenaga mengangkat bongkahan batu besar dengan mencongkel menggunakan sebatang kayi..
Tuan Ajiz : humph....
Nona tria : hikzz..
Tuan Ajiz : humpphhmm..
Nona tria : hikzz..hikz...
Tuan Ajiz : hampir bisa...
Nona tria : hikz.....
Nona tria : pochieee
Tuan Ajiz : hitungan ke 3 kamu lepasin kakimu ya..
Tuan Ajiz : 1..
Nona tria : ayoo angkat lagi
Tuan Ajiz : humph...
Tuan Ajiz : 2..
Nona tria : ayooooo
Tuan Ajiz : humpppphhhhhhhhh...
Tuan Ajiz : 3..
Nona tria : aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa
Tuan Ajiz : !!!!!
Nona tria : aaaaaaaaauuuuuuuu
Nona tria : terima kasih pochie
Nona tria : pochie telah menyelamatkanku
Tuan Ajiz : sama2..
Tuan Ajiz : tapi..
Tuan Ajiz : masih ada masalah,,.
Nona tria : tapi sepertinya ...
Nona tria : saya tdk bisa berdiri
Tuan Ajiz : saya masih berada di balik bongkahan batu ini..
Nona tria : waaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

YOGA


Menikmati selasa sore bersama teman-teman, Selama satu bulan ini saya sudah jarang Yoga bersama teman-teman, paling-paling melakukan Suryanamaskar dan meditasi sebentar di pagi hari sebelum bekerja..Waahh, selasa sore itu saya bertemu dengan Niken dan mas iyo. Sambil menikmati minum air putih dan mendengarkan gemericik suara hujan, akhirnya kami bertiga sepakat untuk Yoga. Sejak 5 tahun yang lalu, saya mulai rutin Yoga. Dengan Yoga ini, saya bisa merasakan relaksasi tubuh dan pikiran yang mendalam. Ya, Yoga adalah sistem kesehatan holistic yang terbentuk dari kebudayaan kuno sejak 3000 SM yang lalu. Yoga ato Yuj, dalam bahasa sanskerta kuno, berarti “penyatuan”. Penyatuan antara atman (diri) dan Brahman (Yang Maha Kuasa) . Melalui Yoga, setiap individu akan lebih mengenal tubuhnya, mengenal pikirannya, dan mengenal jiwanya. Semakin ia mengenal seluruh aspek dirinya itulah, maka semakin dekat pula ia dengan sang penciptanya. Diibaratkan, tubuh adalah sebuah kendaraan dan pikiran sebagai pengemudinya. Saat “mengemudikan” tubuh, pikiran terpengaruh oleh tiga hal, yakni emosi, akal dan aksi. Agar tubuh dapat beroperasi dengan baik, ketiga hal yang mempengaruhi pikiran ini harus dijaga agar selalu dalam keadaan yang seimbang. Para Yogi masa lampau memahami ketertarikan antara tubuh dan pikiran ini dan akhirnya membuat YOGA , yang merupakan kombinasi unik antara gerakan yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan fisik, cara bernapas dan meditasi yang bisa memberikan ketenangan pikiran.
Selasa sore itu, kami bertiga benar-benar menikmati Yoga, mencium bau hujan, mendengar gemericik hujan, melakukan Suryanamaskar, dan mengamati diri , lingkungan dalam meditasi. Ini adalah bagian yang sangat saya senangi. Terima kasih untuk teman-teman saya yang menemani yoga di selasa sore penuh keheningan. Terima kasih , tetap Syalala Syubidubidu yah.Salam senang penuh cita.